Sabtu, 06 Desember 2014

Post ke-2: Kuliah Umum Nanoteknologi

Postingan ke-2: Kuliah Umum


Di post pertama aku bersumpah buat rajin nulis, tapi nyatanya setelah satu bulan lebih aku baru nuliis lagi. Niatnya sih udah ada, tapi susah banget ngelaksanainnya. Kali ini aku pengin cerita tentang pengalamanku mengikuti kuliah umum dari dosen Universitas Gajah Mada (UGM). Btw, besok aku ultah lohh.

Ceritanya bulan September lalu,, aku mengikut kuliah umum yang diberikan oleh salah satu dosen dari a (UGM). Acara hari itu diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan kimia angkatan 2014 (walaupun ada beberapa anak yang tidak hadir) dan beberapa kakak kelas. Pertama-tama Pak Kajur yang membuka kuliah umum tersebut. Beliau mengatakan kita akan diberikan motivasi dalam mengikuti pembelajaran selama perkuliahan. Selanjutnya Bapak dosen yang dari UGM (aku nggak tau siapa namanya) memulai kuliahnya. Tapi setelah beberapa saat Beliau emberikan ceramah, kok aku nggak ngerti dia ngomongin apa. Kok ngga ada tentang motivasinya? Katanya tadi tentang motivasi, gimana sih pak? Aku sebagai Mahasiswa Baru (MaBa) sangat membutuhkan motivasi agar dapat bertahan hidup di hutan kampus.

Beliau menjelaskan tentang nano eknologi. Yang aku ngerti cuma nanoteknologi itu adalah sebuah penemuan baru di bidang teknologi yang membuat materi berukuran nano (kecil). Katanya di masa depan teknologi akan berkembang menjadi ukuran yang kecil dan kembali ke alam. Misalnya dengan bantuan sinar matahari pohon apapun akan berbuah seperti yang kita inginkan. Beliau membandingkan antara sebuah pesawat jet dengan sebatang tumbuhan.

Pembanding
Pesawat jet
Tree
Tipe reaktor/alat penggerak
Mesin berukuran besar
Fitoplasma/klorofil
Sumber energi
Bahan bakar minyak
Sinar matahari
Ukuran (satuan)
Meter
Nano
Efisiensi
40 %
100%
Dampak terhadap lingkungan
Menimbulkan pousi
Bersih, menghasilkan O2
                                                                                                                                               
Di lihat dari tabel di atas tumbuhan merupakan hal yang WOW yang diciptakan oleh Tuhan dan menjadi inspirasi bagi para peneliti dalam penemuan teknologi nano. Saat ini telah ditemukan alat yang dapat mengubah sinar matahari menjadi sesuatu yang kita inginkan. Dan alat tersebut menggunakan konsep teknologi nano. Dan, aku mengantuk ngedengerin ceramah tentang sesuatu yang begitu asing.

Mana motivasinya???
Akhirnya setelah sinetron GGS tamat pertanyaan tersebut terjawab juga saat sesi tanya jawab. Bapak ini punya aturan tersendiri. Jadi kalau tidak ada yang bertanya maka kuliah minggu depannya akan ditiadakan. Sadis. Tapi dia kan bukan dosen di Unud? Jadi gapapa kan kalo nggak ada yang nanya (alesan biar cepet pulang). Tapi karena sesuatu dan lain hal ada juga teman ku yang bertanya. Kebanyakan bertanya tentang nanoteknologi, namun dia menjawab dengan kata-kata motivasi yang tentunya masih berkaitan dengan pertanyaaan. Misalnya bagaimana caranya menjadi peneliti? Caranya dengan : 
1.     Don’t think a lot
2.     Just do it
3.     Do the best
4.     Take a rest to the god

Oow ternyata nanoteknologi tuh begitu. Suatu saat aku akan mempelajarinya lebih mendalam dan mengembangkannya.




4 komentar:

  1. artikelnya menarik sekali,,kalau masalah nulis emang gitu janjinya mau rajin tapi terkadang ada aja gangguan tuk rajin menulis :)
    semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah membaca dan komen
      Semangat juga

      Hapus

Komenin yaa